SholehShare | BLOGnya SEORANG DOKTER

Nyuknyang, Es Pallu Butung dan Es Pisang Ijo ala RM Bravo

Rabu, 28 November 20120 komentar

Nyuknyang, Es Pallu Butung dan Es Pisang Ijo Ala Rumah Makan Bravo

Catatan Perjalanan Sulawesi Selatan #Hari Ke-5 (24 Agustus 2013)

Pada malam harinya kita keliling kota makassar ditemani oleh teman jihan, anak Universitas Muslim Indonesia. Mumpung ada di makassar kita mencoba kuliner makassar, kita mengunjungi rumah makan bravo yang terletak di jalan Andalas no 154. 

Di rumah makan ini kita mencicipi nyuknyang. Nyuknyang ini kalau di pulau jawa namanya bakso, cuman bedanya kalau nyuknyang ini ditambah dengan sambal khas makassar yang begitu pedasnya. Mengapa saya berbicara begitu pedasnya? karena saya merasakan sendiri. Haha :D. 

Ceritanya begini, ketika pertama kali melihat nyuknyang+sambalnya. Sambalnya terlihat seperti sambal yang tidak pedas. Mengapa saya mengatakan tidak pedas? karena biasanya kalau sambal pedas itu tidak kental dan biasanya ada biji cabenya. 


Nah karena terlihat seperti tidak pedas, saya pun menuangkan semua sambal tersebut. Alhasil saat merasakan satu sendok pertama kali, saya langsung kepedasan. Huhaaaah.... Ternyata Pedas Sekali. 



Sebenarnya nyuknyang memilki rasa seperti bakso biasa, cuma sambalnya ini yang khas tidak ada di daerah lain. 

 Teman saya mencicipi es pisang ijo dan es pallu butung. Dilihat secara sekilas es pisang ijo memang es berbentuk pisang yang berwarna hijau. Tapi sebenarnya es pisang ijo ini adalah satu batang pisang raja yang sudah matang yang dibungkus dengan tepung beras kenyal dicampur dengan daun pandan yang memberi warna hijau alami. Ditambah dengan olahan seperti bubur sumsum lalu disiram sirup merah dan susu sapi kental. Nikmaattt... 





Sedang es pallu butung menggunakan bahan utama seperti pisang epee yaitu pisang kepok yang dilumuri bubur. Bubur ini berasal dari tepung beras dicampur dengan sagu lalu diberi santan. Warna kuah merah berasal dari sirup cocopandan. Es pallu butung biasa disajikan dengan mangkuk dengan gundukan es serut di atasnya.  Mantaaapp.... 

  • Nyuknyang : Rp28.000
  • Es Pallu Butung : Rp18.000
  • Es Pisang Ijo : Rp22.000



Refrensi:
http://thekristna.com

Share this article :
 
Support By : SholehShare | BLOGnya SEORANG DOKTER | SholehShare
Copyright © 2011. SholehShare - All Rights Reserved