SholehShare | BLOGnya SEORANG DOKTER

Asal Usul Rh-Negatif

Jumat, 04 Mei 20120 komentar

Beberapa Teori Ilmuwan


1. Semua bukti modern menyebut Rh-Negatif adalah alel darah asli pada Rh manusia, karena kulit hitam afrika yang belum dicampur baik dengan populasi kulit putih atau dengan ras campuran hanya memilik Rh-Positif ini tidak ada bukti Rh-Negatif. Sejak ditemukannya Rh-Negatif di kalangan populasi kulit putih (Eropa) dimungkinkan akibat mutasi Rh Eritrosit adanya migrasi manusia dari Afrika ke Eropa.

2. Faktor Geografis : Protein Rh Eritrosit memainkan peran penting sebagai saluran gas CO2 melintasi membran sel dalam tubuh. "Protein Rh bertindak sebagai saluran gas yang membantu kecepatan transfer CO2 ke dalam dan keluar sel darah merah". Dengan kata lain, mutasi Rh dari Rh-Positif menjadi Rh-Negatif ini bisa dibilang disebabkan oleh lingkungan, dengan tubuh manusia menyesuaikan diri dengan CO2 yang berbeda dan kondisi oksigen karena bertempat di lingkungan dingin (Eropa) dan dibandingkan dengan tempat yang lazim. Sepertinya, alasan mutasi ini akibat "udara, iklim, oksigen tubuh manusia berubah (O2) dan keseimbangan karbondioksida (CO2). 

            Bisa dianggap juga bahwa alasan untuk mutasi juga dapat dikiaskan pada reaksi tubuh terhadap penurunan kadar oksigen pada ketinggian yang lebih tinggi, yang menyebabkan reaksi biologi besar. Adaptasi terhadap lingkungan yang rendah dengan oksigen menyebabkan tubuh untuk menghasilkan reaksi rantai reaksi biologis, jantung dan paru-paru dirangsang untuk meningkatkan fungsinya untuk jangka yang panjang. Pembuluh darah melebar (vasodilatasi), otak, tulang, otot dan organ yang lainnya bekerja tidak seperti di lingkungan yang normal. Perubahan dalam darah, kadar eritropoetin (EPO), hemoglobin, mioglobin, 2,3 diglycerophosphate dan lain sebagainya.

3. Dr Luigi Cavalli-Sforza dalam penelitiannya menerbitkan sebuah peta dari populasi tertinggi orang dengan titer Rh-Negatif darah. Dia menulis : "Gen Rh-Negatif sering terjadi di Eropa, jarang terjadi di Afrika dan Asia Barat, dan hampir tidak ada di Asia Timur dan antara populasi asli Amerika dan Australia.

a. Ada beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa manusia adalah keturunan hewan yang berevolusi, itu dibuktikan dengan kesamaan Rh-Positif pada Kera Macaca yang ternyata memiliki Rh yang sama.

b. Ada beberapa ilmuwan juga menyebutkan bahwa Rh-Negatif adalah keturunan dewa atau alien yang bukan makhluk asli pribumi, dan hal ini selalu dikaitkan dengan bangsa basque yang mayoritas orangnya dengan Rh-Negatif.

c. Tubuh ibu hamil Rh-Negatif akan menolak bayi berdarah Rh-Positif di dalam kandungannya. Menganggap faktor rhesus sebagai elemen asing. Dan yang paling menarik, tubuh seorang ibu Rh-Positif itu tidak menolak bayi dengan Rh-Negatif yang ada di dalam kandungannya. Kebanyakan orang yang bergolongan darah O dan A, tapi paling banyak adalah O.

d. Orang yang memiliki Rh-Negatif biasanya berbeda dengan manusia lainnya :
- Denyut nadi rendah/tinggi dan tekanan darah rendah/tinggi
- Memiliki penglihatan, pendengaran yang lebih sensitif
- Tulang rusuk, vertebra dan tengkorak yang besar
- Bekas luka tubuh yang tidak bisa di jelaskan (idiopatik)
- Kemampuan untuk menganggu peralatan listrik

e. Kebanyakan orang dengan Rh-Negatif tidak tahu kalau titer mereka adalah Rh-Negatif, sebenarnya mereka dilacak sepanjang hidupnya oleh lembaga research maupun pemerintah di seluruh dunia karena tertarik untuk memahami asal-usul kelompok ini.

Dan menurut saya dari beberapa Teori yang telah saya cari-cari, Teori inilah yang bisa dikatakan benar : Teori Rh Adam-Hawa.
Teorinya adalah sebagai berikut,

1. DD = Dominan homozigot ( mewarisi Rh-Postif dari kedua orang tuanya)
2. H/Dd = Heterozigot (mewarisi satu gen dominan dan satu untuk faktor Rh-Negatif, mewarisi faktor Rh-Positif dari kedua orang tuanya)
3. dd/hh = mewarisi faktor Rh-negatif dari kedua orang tuanya

Grafiknya seperti ini,

Kedua orang tua Rh-Positif
Orang Tua
D
D
D
Anak = DD
Anak = DD
d
Anak = H/Dd
Anak = H/Dd
Semua anaknya akan mewarisi Rh-Positif

Kedua orang tua Rh-Negatif
Orang Tua
d
d
d
Anak = dd/hh
Anak = dd/hh
d
Anak = dd/hh
Anak = dd/hh
Semua anaknya akan mewarisi Rh-Negatif

Satu orang tua Rh-Negatif dan Induk yang lain Rh-Positif (homozigot)
Orang Tua
D
D
d
Anak = H/Dd
Anak = H/Dd
d
Anak = H/Dd
Anak = H/Dd
Semua anaknya akan mewarisi Rh-Positif


Satu orang tua Rh-Negatif dan Induk yang lain Rh-Positif (heterozigot)
Orang Tua
D
d
d
Anak = H/Dd
Anak = dd/hh
d
Anak = H/Dd
Anak = dd/hh
Ada kemungkinan 50% anaknya Rh-Positif dan 50% Rh-Negatif

Kedua orang tua Rh-Positif heterozigot
Orang Tua
D
d
D
Anak = DD
Anak = H/Dd
d
Anak = H/Dd
Anak = dd/hh
Ada kemungkinan 1 dari 4 anaknya akan mewarisi Rh-Negatif


Jadi apa jenis Rh Adam dan Hawa?
Hanya berdasarakan penanda genetik Rh saja, kita dapat melihat bahwa Adam dan Hawa perlu Rh-Positif Heterozigot.
Seperti yang dijelaskan di bawah ini :


  1. Jika Hawa dihasilkan dari kode DNA yang tepat sebagai Adam (karena dia diciptakan dari tulang rusuknya yang berisi DNAnya, tentu sangat dimungkinkan mereka memiliki jenis DNA yang sama, sehingga memiliki jenis darah yang sama seperti kembar identik).
  2. Jika mereka berdua memiliki Rh-Negatif dan homozigot, mereka tidak pernah bisa menghasilkan anak dan cucu dengan Rh-Positif.
  3. Jika mereka berdua memiliki Rh-Positif dan homozigot, mereka tidak pernah bisa menghasilkan anak dan cucu dengan Rh-Negatif.
  4. Jika mereka berdua memiliki Rh-Positif dan heterozigot, mereka akan menghasilkan anak 75% Rh-Positif dan 25% Rh-Negatif.

Jadi sekarang kita bisa menyimpulkan dengan masuk akal bahwa Adam dan Hawa memliki Gen H/Dd "Rh-Positif" dan heterozigot.

Didunia ada perkumpulan orang-orang yang memliki Rh-Negatif, karena kita ketahui orang yang memiliki Rh-Negatif hanya bisa ditransfusi darah oleh orang yang memiliki Rh-negatif juga, bila ditransfusi darah oleh Rh-positif maka darah akan mengumpal (hemolisis) dan bisa menyebabkan kematian. Maka dengan adanya perkumpulan orang dengan Rh-Negatif, mempermudah orang dengan Rh-Negatif untuk melakukan transfusi darah bila membutuhkan darah. 

Di Indonesia sendiri juga sudah ada perkumpulan Rh-Negatif juga, ini websitenya Rh-Negatif Indonesia 




Share this article :
 
Support By : SholehShare | BLOGnya SEORANG DOKTER | SholehShare
Copyright © 2011. SholehShare - All Rights Reserved